Abdimas: Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Ajar Kreatif Bagi Guru Pada SDN 012 Babakan Ciparay
Bandung, 21 November 2023 – Tim Abdimas yang terdiri dari Gede Agung Ary W1, Farah Afianti 2, Nungki Selviandro 3, Kal El Muhammad Pratama 3, Carlos Riverro A.B. 3, Muhammad Rizky Khomeini 3, Ridwan Nur Rahman 3 (1Program Studi Sarjana Informatika, 2Program Studi Magister Ilmu Forensik, 3Program Studi Sarjana Rekayasa Perangkat Lunak) telah berhasil melaksanakan PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA AJAR KREATIF BAGI GURU PADA SDN 012 BABAKAN CIPARAY.
Kegiatan abdimas yang ditujukan kepada para guru di SDN 012 Babakan Ciparay bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan penggunaan aplikasi Canva sebagai alat yang memperkaya pembelajaran melalui video. Meskipun Canva telah menjadi populer dalam platform seperti TikTok, namun penerapannya dalam konteks pendidikan masih belum sepenuhnya dimanfaatkan.
Canva merupakan salah satu dari banyaknya aplikasi teknologi yang hadir dalam dunia pendidikan yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang dapat diakses secara online yang didalamnya menyediakan bermacam media pembelajaran interaktif seperti presentasi, resume, poster, pamflet, brosur, grafik, infografis, spanduk, penanda buku, buletin, dan lain sebagainya. Canva menyediakan fitur-fitur atau kegunaannya untuk pendidikan, yaitu sebagai media pembelajaran yang kreatif, inovatif, interaktif, dan kolaboratif sehingga membuat pembelajaran menjadi mudah dan menyenangkan. Sebagai aplikasi berbasis teknologi, Canva menyediakan ruang belajar untuk setiap guru dalam melaksanakan suatu pembelajaran dengan mengandalkan media pembelajaran berbasis teknologi. Canva menyediakan lebih banyak template menarik untuk menarik minat siswa dalam proses pembelajaran.
Dalam kegiatan pelatihan ini, upaya telah dilakukan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para guru terkait fitur-fitur dan potensi Canva dalam konteks pendidikan melalui workshop interaktif dengan kombinasi sesi teori dan praktek yang terdiri dari 4 tahapan yaitu pengenalan Canva, praktik dasar penggunaan Canva, pengenalan lanjutan penggunaan fitur Canva dan Praktik lanjutan penggunaan Canva. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan keterampilan penggunaan aplikasi ini agar dapat menciptakan materi pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan kreatif.
Pelatihan ini diakhiri dengan penyebaran kuisioner kepuasan yang perlu diisi oleh peserta pelatihan. Berdasarkan survei yang telah kami lakukan kepada para peserta yang telah mengikuti kegiatan pelatihan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelatihan yang dilaksanakan sangat bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan bagi para guru-guru di SDN 012 Babakan Ciparay dan peserta berharap ada kegiatan serupa dengan aplikasi lain untuk menambah wawasan dan kemudahan guru dalam mengikuti kemajuan teknologi
Diharapkan, setelah mengikuti kegiatan ini, para guru dapat lebih percaya diri dalam menerapkan Canva dalam proses pengajaran mereka, menghasilkan konten video yang memikat dan mendukung pembelajaran yang lebih efektif bagi siswa. Penerapan teknologi seperti Canva diharapkan dapat membuka peluang baru dalam pendidikan, menghadirkan pengalaman belajar yang lebih modern, inovatif, dan sesuai dengan perkembangan zaman.